Cerita setelah proses seleksi bina BNI

Ini lanjutan untuk postingan aku sebelumnya Pengalaman Proses Seleksi Program Bina BNI (1). Kalo sebelumnya aku cerita apa aja tahapan yang aku lalui selama proses recruitment bina BNI. Di postingan ini aku bakalan ceritain apa aja sih yang bakalan kalian jalanin setelah dinyatakan lulus dan tanda tangan kontrak. Tapi sebelumnya aku mau garis bawahi kalo ini adalah pengalaman yang udah aku alami, jadi tentunya tidak akan sama antara pengalaman aku dan orang lain sesama bina BNI. Jadi ini hanyalah gambaran umum aja.

Jadi buat kalian yang telah dinyatakan lulus dan tanda tangan kontrak, kuucapkan selamat yaa! perjuangan kalian akhirnya dimulai hehe. Jadi setelah kalian tanda tangan kontrak kalian akan menjalani dua tahapan sebelum akhirnya kalian open table sendiri dan bertugas melakukan transaksi.

Pelatihan  PembekalanTahap I
Selama seminggu kalian akan mendapatkan materi yang setiap hari nya berbeda-beda. Dihari pertama nantinya kalian akan diberika buku modul untuk sumber pembelajaran kedepan nya. Untuk pelatihan nya sendiri dimulai pukul 08.00-17.00. Nanti nya akan ada mentor yang menjelaskan tentang materi pada hari itu. kurang lebih sama ya kayak sekolah atau kuliah. Cuma bedanya saat pelatihan ini kalian akan sangat amat terjamin perihal makan ahaha. Jujur aja, masa pelatihan adalah masa-masa paling ngangenin. Dimana kalian bisa makan enak full 3 kali sehari ( 2 kali coffee break, 1 kali lunch) dan yang harus digaris bawahi adalah makanan nya itu enak bangettt huhuhu (okey oot banget ya) ahahah. Kembali ke topik awal. Saat pemberian materi ini kalian akan mempelajari seluk beluk, tetek bengek nya jadi teller. Mulai dari standar pelayanan, cara menghitung uang, dummy bank, grooming dan segala macem yang berurusan dengan teller. Untuk pelatihan ini kalian diajarkan secara global nya aja. Karena ilmu intinya akan diberikan saat kalian on job training.

On the Job Training (OJT) selama tiga minggu
Selesai kalian pelatihan, pada hari terakhir nantinya kalian akan diberikan surat tugas untuk melakukan OJT di cabang masing-masing. Selama kalian OJT kalian akan melihat secara real bagaimana proses transaksi antara teller dengan nasabah. Sebisa mungkin belajarlah dengan serius, ikuti apa yang diajarkan mentor kalian. Karena itu akan sangat berguna untuk kalian kedepan nya. Saat OJT sesekali kalian akan tendem dengan senior untuk merasakan bagaimana sih bertransaksi dengan nasabah. Saat OJT ini lah pengetahuan kalian akan sangat bertambah. Kalian akan tau bagaimana standar layanan yang baik, cara menghitung uang, proses akhir-awal hari, bagaimana kode transaksi untuk setiap transaksi dan banyak lagi. Saran aku selama kalian OJT jangan membantah saran yang udah diberikan senior ya, karena senior kalian mau kalian cepat bisa. Tentu ini akan menguntungkan kalian juga nantinya. Agar ketika open table kalian sudah paham. So manfaatkan lah waktu OJT untuk belajar sebanyak mungkin.

Pelatihan  PembekalanTahap II
Pembekalan tahap II ini lebih ke evaluasi aja. Karena materi yang diberikan gak jauh berbeda dengan pelatihan tahap I. Cuma bedanya ada beberapa materi tambahan yang pada tahap I belum diberikan. Ini adalah pelatihan terakhir sebelum nantinya kalian mendapat user sendiri untuk melakukan pelayanan. Jadi saran aku nikmatilah pelatihan kedua ini :) karena kalian akan kangen saat-saat pelatihan. trust me wkwkk.

Mungkin itu aja yang bakalan kalian lalui sebelum kalian resmi mendapatkan user dan membuka teller sendiri. Disini aku mau bilang kalo jadi bagian bina BNI adalah pengalaman yang tak terlupakan buat aku. Kalian akan mendapatkan banyak hal positif yang bermanfaat buat diri kalian. Bekerja lah sejujur mungkin, dan jalani dengan bahagia. karena dengan kalian bahagia, nasabah akan ikut bahagia bertransaksi dengan kalian.


Cheeerssss, semangaattt!!!

Comments

  1. Kak kalo misal udah ketrima nihh, penempatannya gmna kak?? Di cabang yg sudah ditentukan bni, atau sesuai domisili peserta magangg ?? Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Hai kak Indah. Mau tanya aja sih, apa kalau ikut BINA BNI harus sesuai dgn pengalaman pendidikan nya? Semisal hrus berlatar pendidikan Ekonomi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii elly.. engga harus kok, tenang aja. Karna nanti akan ada pelatihan jadinya sama-sama belajar deh... Semangat ya.. dicoba aja apply :)

      Delete
    2. Untuk traningnya sendiri itu dilakukan di tempat pertama kita daftar atau di kota tempat Kita magang?

      Delete
  3. Haii kak indah, salam kenal ya ka. Aku mau nanyaaa Pas tahap kesehatan itu di telanjangan semua kak???

    ReplyDelete
  4. Hai kak gajinya dong share pastinya dapet berapa?

    ReplyDelete
  5. permisi ka mau nanya, kontraknya itu apa ya kaa? ada perjanjian apa aja?

    ReplyDelete
  6. Hay ka indah, aku mau tanya dong.. Ketika penempatan itu, apa setiap kantor unit itu diisi dgn 1 kry bina bni atau mungkin bisa lebih??

    ReplyDelete
  7. Hay ka indah, aku mau tanya dong.. Ketika penempatan itu, apa setiap kantor unit itu diisi dgn 1 kry bina bni atau mungkin bisa lebih??

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. kak mau tanya dong, apa bina bni hanya untuk yang fresh graduate? kalau misalnya uda punya pengalaman jadi teller apa bisa apply magang bina bni?
    makasih kak

    ReplyDelete
  10. kak mau tanya, itu Bina Bni kan kebanyakan frontliner.. nah apa ada kemungkinan yang diterima kebanyakan cewek?

    ReplyDelete
  11. Kak mau nanya, kalau masa magangnya udah habis, bisa ga daftar lagi untuk jadi pegawai tetapnya?

    ReplyDelete
  12. Kak salam kenal. Izin bertanya, kalau program ini tuh kita yang berkacamata masih tetep boleh masuk atau biasanya langsung gugur?

    ReplyDelete
  13. Masih bingung yang test anus itu kk bagaimana

    ReplyDelete
  14. Kak penempatannya gimana? Apa sesuai dimana kita kirim lamaran?

    ReplyDelete
  15. Kak mau nanya, nantikan kita sudah di nyatakan lulus tu kita ada Pelatihan dulu. Pelatihan nya di kantor wilayah lain bukan di kota saya. Apakah biaya nya di tanggung pihak bni atau tidak ya kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Mbak indah, boleh minta kontaknya.. line atau WA GPP

    ReplyDelete
  17. Haii ka, mau tanya jadi saya statusnya masih bekerja di perusahaan lain yg sama sama bumn tp ikut tes bni, kira kiran jadi nilai minus gk ya, karena permasalahanya saya masih aktiv bekerja blum resign?
    Trimakh sebelumya

    ReplyDelete
  18. Ka, untuk program magang bina bni ini biasanya di kontrak berapa lama?

    ReplyDelete
  19. Bina bni itu cs sama teller aja kak?

    ReplyDelete
  20. Selama pelatihan itu ada fasilitas menginap?

    ReplyDelete
  21. Kak untuk tinggi badan ada minimal nyaa gak ya?

    ReplyDelete
  22. Tulisannya bagus kak, mudah di pahami, gak bosenin.
    Kenapa gak lanjut nulis lagi?

    ReplyDelete
  23. Hay kak indah mau nanya nih itu program bina bni itu dari berbagai daerah ?

    ReplyDelete
  24. Kak Indah,,, klo mau ngelamar kerja di BNI harus nunggu ada info lowker ya dari BNI?

    ReplyDelete
  25. Ka klo mau tanya tanya bisa lewat Ig ? Atau media lain?

    ReplyDelete
  26. Halo kak indah mau tanya ni, pengalaman kerja di permodalan sebagai teller , bina magang itu dibayar kan nahh itu kita kerja apa kaya dilatih selama 3tahun? Terus bina magang itu kita bayar atau gimana ya

    ReplyDelete
  27. Hallo kak indah ijin bertanya ya kak kalau mahasiswa aktif kuliah bisa ikut magang bina BNI apa tidak ya kak? terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts